Penyebab dan Alasan Malasnya Membaca Buku


sumber : beritabeurita.blogspot.com

             “Buku yang tidak ada gambarnya itu tidak menarik. Terlebih lagi jika tulisan yang terdapat dalam buku itu banyak sekali. Jadi malas aku membacanya. Lebih baik melihat buku komik saja dari pada harus membaca buku setebal itu.”


          Beberapa orang akan mengatakan hal yang sama jika ditawarkan untuk membaca buku. Seperti buku pelajaran, pengetahuan umum dan buku yang bersifat edukatif lainnya. Menurut Mereka lebih baik menghabiskan waktu untuk menyenangkan dirinya seperti membaca komik, tidur - tiduran, bepergian dengan pasangan, dan berbagai hal yang mereka anggap menarik.

Nah, bagaimana dengan membaca buku ?
Sulit untuk membuat orang minat membaca buku. Sebelum mereka membaca isi dari buku itu, beberapa orang sudah merasa pusing dikarenakan banyaknya tulisan yang harus mereka baca dan mereka juga memikirkan halaman selanjutnya yang harus mereka baca. Dan akhirnya pun mereka memilih untuk menutup buku.

Penyebab utama orang malas membaca adalah karena memang dari orang itu sendiri yaitu malas. Beberapa faktor lainnya yang menjadikan menurunnya minat membaca adalah : 

1. Televisi

          Siapa yang tidak suka menonton Televisi ? Hampir semua orang suka menonton Televisi. Dari mulai melihat berita, acara TalkShow, menonton kartun / anime, dan yang paling tidak ketinggalan adalah sinetron.  Jika sudah berada di depan Televisi orang akan malas beranjak dari tempatnya karena tidak mau ketinggalan acara yang sedang ditontonnya. Menonton Televisi mungkin yang paling banyak diminati oleh orang - orang dari pada harus membaca buku.


2. Internet

          Ingin mengetahui berita terkini, surfing, berkomunikasi, bermain game online, streaming video, download dan upload, ya semuanya bisa dilakukan di Internet. Banyak yang menjadikan Internet untuk melakukan hal positif, dan membaca pun dapat dilakukan di Internet. Tetapi sayangnya, sebagian besar orang menggunakan Internet untuk melakukan hal yang kurang baik. Maraknya terjadi kasus penipuan lewat Internet, pelanggaran Hak Cipta yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan banyak yang lainnya, semuanya itu terjadi di Internet. Padahal, jika Kita mempergunakan Internet sebaik - baiknya, pasti akan mendapatkan sesuatu yang sangat bermanfaat.


3.Tempat Hiburan

          Jalan - jalan, pergi dengan pasangan, atau pergi sendirian ? Hmm.. Orang - orang menyukainya. Ada juga sebagian orang menghabiskan waktunya pada akhir pekan untuk pergi keluar rumah dari pada berdiam diri di rumah. Entah umtuk refreshing, hiburan,atau mencari pacar, ups...
Tempat yang sering didatangi pada saat akhir pekan yaitu tempat hiburan keluarga, rumah teman, club malam, dan masih banyak lagi. Dan menurut mereka lebih baik mencari kesenangan diluar rumah dari pada membaca buku di rumah.

4.  Metode Pembelajaran Hafalan

          Ada murid yang dapat menghafal pelajaran dengan cepat, ada yang lambat. Ada yang sangat tertarik dengan materi pelajaran yang diberikan oleh guru, ada juga yang tidak begitu mempedulikan pelajaran. Setiap murid memiliki kemampuan menghafal yang berbeda - beda, dan memiliki ketertarikan yang berbeda pula. Jika seorang guru menyuruh muridnya untuk menghafal materi pelajaran dalam waktu yang singkat, murid yang memiliki kemampuan terbatas akan malas duluan sebelum membuka lembaran lembaran buku yang akan Dia hafal.Karena Dia tau betapa pusingnya menghafal ratusan kata dibawah tekanan waktu yang singkat.

5. Sarana yang Kurang Memadai

          Jika Kamu menelusuri pelosok kampung, mungkin Kamu jarang menjumpai perpustakaan daerah atau toko buku. Sangat disayangkan bila orang kampung jauh dari buku edukasi yang penuh dengan pengetahuan. Jika ada seseorang yang memiliki ketertarikan yang tinggi untuk membaca, tetapi tidak berkecukupan untuk bersekolah dan tidak tersedianya perpustakaan yang memadai. Lambat laun minat orang itu untuk membaca akan berangsur hilang.


         Masih ada banyak sekali yang menjadi faktor penyebab minimnya minat membaca, jika kita meningkatkan minat kita untuk membaca, maka kemampuan berfikir kita juga akan semakin meningkat, berwawasan luas, bahkan bisa meningkatkan kemampuan menulis kita. Selain itu juga dapat menghilangkan stres yang menumpuk pada otak kita. Dan pergunakanlah waktu sebaik mungkin.
Oldest